7.02.2009

Optimalkan Browser Mozilla Firefox

Wah, sudah beberapa hari ini saya tidak memposting di blog ini rasanya kangen juga untuk menunggu komentar-komentar tajam dari sahabat blogger, hehehe...(Ngarep)
Oke kalau begitu tanpa pikir panjang lagi saya akan langsung menuju ke pokok permasalahannya saja. Pada Postingan kali ini saya akan memberikan trik bagaimana cara untuk mengoptimalkan kinerja browser internet yang anda pakai khususnya untuk mozilla firefox. Apalagi sekarang mozilla firefox sudah mengeluarkan versi 3.5 yang kabarnya lebih cepat 40% dari firefox yang sebelumnya. Jika anda belum mendownload anda dapat mendownloadnya melalui situs resmi tersebut di http://www.mozilla.com/en-US/ atau bisa di download disini. Disini kita bisa melakukan 3 Cara sekaligus agar dapat lebih mengoptimalkan kinerja browser tersebut. Hmm... ga kebayangkan secepat apa nanti browser tersebut jika kita sudah memakai trik ini, tapi selain itu juga ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya kinerja browser salah satunya tergantung dari ISP yang anda pakai sendiri..

1. Trik Manual
  1. Ketik "about:config" pada address bar dan tekan enter. turunkan scroll kebawah dan cari tulisan berikut : network.http.pipelining network.http.proxy.pipelining network.http.pipelining.maxrequests Secara normal browser akan membuat satu request untuk satu halaman web dalam satu kali . ketika anda melakukan enable pipelining, itu akan membuat beberapa halaman dalam sekali. dan akan mempercepat page loading.
  2. Ubah entries berikut menjadi : Set "network.http.pipelining" menjadi "true" Set "network.http.proxy.pipelining" menjadi "true" set "network.http.pipelining.maxrequests" menjadi nilai seperti "30". ini artinya akan membuat 30 request dalam sekali
  3. Terakhir klik kiri (dimana saja) select New -> Integer. masukan "nglayout.initialpaint.delay" pada prefence name, kemudian set nilai menjadi "0".
2.. Gunakan FasterFox

Untuk meningkatkan kecepatan Firefox yaitu dengan menggunakan add-on untuk Firefox bernama FasterFox. FasterFox ini membuat pemakaian bandwidth lebih efektif sehingga bisa mempercepat performa Firefox. Anda bisa mendownload FasterFox disini.3. Gunakan FireTune

FireTune untuk mozilla firefox v1.x / 2.x adalah salah satu tool tambahan agar mudah dan cepat mengoptimalkan browser firefox. Firetune akan mengoptimalkan beberapa internal penyesuaian dari firefox untuk lebih baik, cepat dan stabil ketika browsing. Memang sebenarnya kita juga bisa sih untuk mengoptimalkan FireFox secara manual seperti cara2 sebelumnya. Namun kalo ada cara cepat dan mudah pasti kita memilih cara cepat dan mudah tersebut bukan?? Caranya tinggal jalankan software FireTune lalu pilih Fast Computer/Fast Connection lalu klik Create backup of configuration, klik Tune it! Lets restart firefox dan lihat perubahannya? Software ini dapat di download disini.
Catatan:
Pada dasarnya OS windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal.

“If you disable this setting or do not configure it, the system uses the default value of 20 percent of the connection”

Jika anda ingin menambah bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat maka caranya adalah dengan mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Klik Start-Run
  2. Ketik gpedit.msc
  3. Setelah masuk klik Administrative Templates-Network-QoS Packet scheduler kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
  4. Dan ubah setting menjadi Enable,lalu ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
  5. Klik Apply dan Ok, Kemudian keluar dan Restart computer agar perubahan lebih terasa hehehe :D
Semoga penjelasan tentang Trik diatas dapat menambah wawasan anda dan dapat mengubah, mengoptimalkan Browser Mozilla anda agar anda dapat berselancar dengan cepat dan nyaman!!

Selamat Mencoba...

Artikel yang berkaitan



Comments :

8 Komentar to “Optimalkan Browser Mozilla Firefox”

internet bisnis said...
on 

saya belum pernah memakai fasilitas beginian...ngga tahu sih :-)
ternyata ada info bagus disini, langsung ke TKP....lelet sekali PC gua neh...udah di scan gak ada virus, udah di defrag dan disc cleanup, masih aja...kapasitas memorinya masih bny,...heran
gua ijin donlot ya bos .. :-)
thanks infonya..

Fehry said...
on 

woke...silahkan disedot mas tp jgn bnyk2 ya,ntr tumpah..:D

narti said...
on 

wow keren infonya nih...
makasih sharingnya ya.

Fehry said...
on 

@narti : trima kasih kembali narti..
@Hitsuke : heloo, nice to meet you too, thanks for visited my blog..okay, i will comment to your post...

Arief said...
on 

Sama juga mas..tapi gapa2 untuk kemajuan Blogger Indonesia, Ilmu harus dibagi2..bukane gitu kan mas..:-) keep Spirit 4 Blogger...Keep comment ya mas..

japraxxx said...
on 

boleh dicoba ne biar mozillaku lebih ringan dikit....

heriee said...
on 

wah...info bgs neh. sy dulu dh nyoba trik n hslnya lumayan. skedar tambahan aja ..pasang jg add on ADBLOCK PLUS. untuk fasterfox syg bngt ga kompatibel ma firefox 3.5.

optimalkan browser mozilla said...
on 

kalo belh nambah trik, oprek registry aja (Tweak)..lebih manteb bro

"Berikan Pendapat Anda Tentang Postingan Ini"

Biography

My photo
Seorang mahasiswa yang hobi ngutak-ngatik blog dan masih melanjutkan kuliahnya di salah satu universitas swasta di kawasan Jakarta yang disebabkan karena banyaknya mata kuliah yang harus diulang. hehehe...
 

Copyright © 2009 by Panduan Berkomputer

Template by Blog Templste 4 U | Modified by Fehry