2.05.2009

Menyembunyikan IP saat Browsing

Kadang ada beberapa website yang tidak bisa kita buka karena IP Address kita telah di blacklist atau entah karena hal lain. Tapi tidak usah repot-repot lari ke warnet hanya karena hal itu, karena kita bisa memanfaatkan layanan Proxy Server agar IP Address kita berubah saat kita sedang browsing. Proxy Server juga berguna jika kita tidak menginginkan web site yang kita akses mengetahui IP Address kita. Biasanya hacker memakai teknik ini untuk menyamar agar tidak terlacak.

Bagaimana Cara Kerja Proxy?

Hmm, cukup sulit bagi saya untuk menjelaskan dengan kata-kata tapi mungkin akan lebih jelas jika melihat bagan di bawah ini. Tetapi mohon maaf karena mouse saya sedang rusak terpaksa bagannya saya buat menjadi sangat sederhana :)

IP ADDRESS ----> ISP ----> WEB SITE

Di atas ini adalah bagan saat kita mengakses sebuah web site tanpa proxy. Bisa dilihat jika kita tidak menggunakan proxy, maka dengan mudah web site yang kita akses mengetahui IP Address kita kalau
di web site itu sudah terpasang suatu service atau semacamnya untuk melihat IP Address pengunjung.

IP ADDRESS ----> ISP ----> PROXY SERVER -----> WEB SITE

Sedangkan yang satu ini adalah bagan saat kita mengakses web site dengan menggunakan proxy. Sebelum kita mengakses web site, secara otomatis kita akan menuju Proxy Server.
Di Proxy Server IP Address kita akan dipalsukan terlebih dahulu, sesudah itu kita baru mengakses web site tersebut. Maka web site tersebut akan tidak akan melihat IP Address kita yang sebenarnya melainkan IP Address yang berasal dari Proxy Server.

Mencari Proxy

Selain proxy, anda juga harus mengetahui port berapa yang akan dipakai. Port tersebut sudah ada saat kita mendapatkan sebuah proxy. Letaknya biasa berada di belakang proxy sejumlah 4 karakter.
Kita bisa mencari proxy dengan bantuan search engine. Proxy yang bisa kita pakai bermacammacam tergantung Proxy Servernya. Ada yang mengharuskan kita mendaftarkan diri terlebih dahulu, ada yang tinggal memakainya, juga ada juga yang komersial alias harus membayar.
Anda bisa menggunakan keyword “proxy” atau “free proxy” untuk mendapatkan proxy gratis. Penulis menyarankan memakai search engine dari Google. Kenapa? Karena Penulis selalu menggunakan Google untuk mencari sesuatu di internet. Nggak nyambung banget nih tutorial. Dasar jayus :p.

Cara Mensetting Browser dengan Proxy

Setelah kita mendapatkan proxy, terlebih dahulu kita harus mensetting browser kita agar bisa menggunakan proxy. Secara garis besar, cara mensetting proxy pada setiap jenis browser adalah sama, hanya saja letaknya sedikit berbeda. Sebagai contoh penulis akan menunjukkan cara mensetting proxy pada Browser Opera 8.0.

1. Jalankan Browser Opera.
2. Klik Tools – Preferences.
3. Klik tab Advanced lalu klik Network pada pilihan di sebelah kiri.
4. Klik button Proxy Server.
5. Beri tanda centang di sebelah kiri tulisan HTTP. Ketikkan proxy yang ingin kita pakai di sebelah kanan tulisan HTTP beserta portnya di sebelah kanannya lagi.
6. Klik OK.
Sekarang Anda sudah siap untuk browsing menggunakan proxy.

Cukup sekian dulu. Jika banyak kekurangan dan kesalahan Saya mohon maaf sebesar-besarnya karena Saya masih dalam tahap belajar dalam dunia komputer, belum mahir seperti penulis lainnya.

sumber : www.ilmukomputer.com

Artikel yang berkaitan



Comments :

2 Komentar to “Menyembunyikan IP saat Browsing”

Anonymous said...
on 

bagaimana mengetahui kalo proxy yg kita pakai itu aman dari para hacker atau sebangsanya :?

Fehry said...
on 

untuk mengetahui hal tersebut kita tidak dapat melakukan apa2 kecuali selalu waspada terhadap proxy2 yang belum kita percayai..

:D

"Berikan Pendapat Anda Tentang Postingan Ini"

Biography

My photo
Seorang mahasiswa yang hobi ngutak-ngatik blog dan masih melanjutkan kuliahnya di salah satu universitas swasta di kawasan Jakarta yang disebabkan karena banyaknya mata kuliah yang harus diulang. hehehe...
 

Copyright © 2009 by Panduan Berkomputer

Template by Blog Templste 4 U | Modified by Fehry